Perbedaan AC Low Watt Dengan AC Inverter

AC split

Selamat datang sobat ARM sekalian, semoga sobat selalu diberi kesehatan, kali ini ARM akan berbagi tentang Perbedaan AC low watt dengan AC inverter. Untuk sobat yang masih bingung mau memilih AC low watt atau AC inverter, berikut ARM tuangkan perbedaannya dalam sebuah rangkaian kalimat dibawah ini,hehe.. Langsung saja sob..

AC low watt dan inverter sebetulnya sama sama AC yang memiliki konsumsi daya rendah, tetapi berbeda dalam sistem kerjanya CMIIW. Pertama ARM akan bandingkan ke 'iritan 'nya, irit mana si antara AC low watt dengan AC inverter ?

AC low watt memiliki daya yang stabil, yang lebih rendah sejak AC dinyalakan. Sedangkan AC inverter memiliki daya yang lebih besar, dengan cara kerja pada saat start daya AC akan berada di daya maksimal (misalkan 1PK bisa mencapai 840 watt) untuk mempercepat proses pendinginan, dan pada saat suhu ruangan sudah sama dengan suhu yang di setting di remote, kinerja kompresor akan dikurangi sehingga daya akan turun sampai 230 watt. Nah, jadi lebih irit mana sob? jawabannya tergantung dari pemakain. Kalau AC lebih sering dinyala-matikan maka akan lebih hemat AC low watt, contohnya jika di ruangan main anak anak, ruang nonton tv, dimana AC hanya dinyalakan 2-3 jam per hari. Tetapi jika digunakan di kamar tidur dimana AC dinyalakan 6-8jam per hari maka akan lebih hemat AC inverter.

AC low watt

Untuk harga sendiri gimana? lebih mahal AC low watt atau inverter ? Nah, untuk harga memang lebih mahal AC inverter sob, karena biasanya di AC inverter sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi, seperti untuk menetralisir virus, bakteri, asap rokok dan lain lain.

Jenis freon yang digunakan di AC low watt dan inverter juga berbeda sob, AC low watt menggunakan jenis freon R22 sedangkan AC inverter menggunakan freon R410A. Perbedaannya gimana? begini sob, freon R22 dinilai tidak ramah lingkungan dan bisa merusak lapisan ozone. Sedangkan freon R410A lebih ramah lingkungan dan tidak merusak ozone. Tetapi indeks dinginnya memang sedikit lebih dingin yang menggunakan freon R22. Lebih dingin tetapi bahaya juga sob..Nah, untuk itu sekarang freon R22 sudah banyak diganti dengan freon R32 yang lebih ramah lingkungan dan mempunyai indeks dingin yang sama.

AC inverter


Kesimpulannya, pilihlah AC yang sesuai dengan kebutuhan, jika sobat ingin memasangnya di ruangan yang jarang ditempati, pilih AC low watt yang memiliki daya stabil, tapi jika sobat ingin memasang AC untuk di ruang istirahat seperti kamar tidur,  sobat bisa memilih AC inverter. Untuk mengetahui berapa daya AC inverter sobat bisa baca Berapa daya AC inveerter ?.

Demikin artikel ARM tentang Perbedaan AC low watt dengan AC inverter, semoga bisa menjadi referensi sobat dalam memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan.
Semoga bermanfaat, salam...

Comments

  1. AC Gree low wat sekarang yg lagi laris ya om..udah pake freon R410a juga meskipun low watt.

    ReplyDelete
  2. oooh iya, kebetulan sekali saya ingin bertanya gan, ibu saya sedang mencari AC ruangan untuk ukuran 1/2 pk yang menggunakan freon r410a. Kira-kira harga jualnya sekitar berapa yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sob sudah mampir.. untuk harga pasti ARM kurang tau, karena tergantung merek juga, mungkin estimasi 3 - 5jtan

      Delete

Post a Comment

Berikan Komentarmu Tentang Artikel Ini.
Silahkan sob berkomentaria dengan baik, bijak, menyenangkan dan dapat dipertanggung jawabkan.

Popular posts from this blog

Pengertian LCD Beserta Kelebihan Dan Kekurangannya

Macam-Macam Dispenser Dan Tips Cara Memilih Dispenser Yang Sesuai Kebutuhan

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Rusak dan Mati Total